"WE Care About The Environment as Much as We Care About YOU"

Si Manis yang Berkhasiat

Share it Please


image
 Siapa yang tak kenal dengan buah kurma. Buah yang berasal dari daerah Arab ini banyak dijumpai terutama saat bulan ramadan banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Bagi sebagian umat muslim, kurma merupakan salah satu buah yang penting untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain rasanya manis alami, buah ini juga memiliki kandungan protein serta serat tinggi.
Kurma adalah sejenis tumbuhan (Palma) atau dikenal dalam bahasa saintifiknya sebagai Phonex dactyliferayang berbuah dan boleh dimakan baik yang masak atau yang mentah. Kebanyakan pohon kurma tumbuh di negara-negara Arab dan mempunyai berbagai-bagai jenis.
Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kurma matang mengandung gula sekitar 80 persen, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat.
Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.
Menurut pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University, Dr. Louis Tobian Jr, kurma dapat menurunkan tekanan darah serta bisa memberi kekuatan tambahan untuk mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.
Keunggulan lainnya, kurma mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A dan riboflavin dalam jumlah yang cukup, serta niasin dan kalium dalam jumlah yang banyak. Selain itu, buah ini juga memuat zat besi, vitamin B1, serta asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi dan menjaga kulit serta syaraf agar tetap sehat.
Beberapa khasiat kurma lainnya seperti menjaga kesehatan jantung dan menyembuhkan batuk apabila dikonsumsi dalam bentuk jus karena zat gula yang terkandung di dalamnya mampu menghilangkan gatal-gatal di tenggorokan sekaligus menghentikan batuk.
0

0 komentar:

Posting Komentar