"WE Care About The Environment as Much as We Care About YOU"

Seagate Turunkan Harga Untuk Menyaingi Western Digital

Share it Please
Produsen HDD (hard disk drive) terbesar kedua di dunia, Seagate Technology Inc, tidak sabar untuk menumbangkan dominasi Western Digital (WD) Corp sebagai produsen HDD terbesar di dunia. Guna mewujudkan ambisi tersebut, Seagete berencana memangkas harga serangkaian produknya. Chief Financial Officer Seagate Technology Inc Patrick O’Malley mengungkapkan, pemangkasan harga produk Seagate akan dilakukan mulai September 2010. Namun O’Malley memperingatkan, harga produk Seagate akan kembali naik pada sekitar Desember 2010.

“Pemangkasan harga ini dilakukan karena pada saat ini suplai HDD di dunia jauh melampaui permintaan. Namun, harga akan kembali menguat pada akhir 2010, saat konsumen melakukan belanja besar-besaran pada akhir tahun,” ujar O’Malley kepada
Reuters.

Meski begitu,konsumen diperkirakan tidak akan menjumpai diskon besar-besaran produk Seagate. Sebab, O’Malley mengungkapkan, penurunan harga produk Seagate hanya akan berkisar 4 persen.

Di pasar HDD global,Seagate memang dikenal sebagai produsen HDD yang ketat menjaga profitabilitas, kendati harus kehilangan pangsa pasar. Pada kuartal fiskal yang berakhir pada 30 Juni 2010, Seagate mengaku mampu menjual global 46,8 juta unit HDD.

Artinya, volume penjualan global HDD Seagate lebih rendah daripada WD karena pada periode tersebut WD mampu menjual global 49,7 juta unit HDD. Namun pada sisi pendapatan, Seagate mampu unggul tipis atas WD.

Pada kuartal fiskal tersebut, Seagate sanggup mengeruk pendapatan USD2,7 miliar. Pada periode yang sama, WD “hanya” mampu meraih pendapatan USD2,4 miliar. Ini adalah tanda bahwa Seagate mengais margin laba jauh lebih besar daripada WD. Terbukti, pada kuartal fiskal yang berakhir 30 Juni 2010, WD hanya mampu menuai laba USD265 juta. Pada periode yang sama.

Seagate mampu mengeruk laba USD379 juta, karena harga ratarata produk Seagate memang relatif lebih tinggi daripada WD. Di pasar HDD global, Seagate adalah pemimpin pasar hingga akhir 2009.Tetapi mulai awal 2010, dominasi Seagate ditumbangkan oleh WD karena WD mampu menjual produk berharga lebih terjangkau.

“Kendati Seagate menjual HDD dengan volume lebih kecil, Seagate mampu meraih pendapatan lebih besar karena Seagate bermain di kelas atas. Sebaliknya, WD lebih banyak bermain di kelas bawah sehingga pendapatannya kecil, kendati volume penjualannya besar,”tutur Research Analyst Storage Systems iSuppli Corp Fang Zhang.

iSuppli menjelaskan,WD mampu meruntuhkan dominasi Seagate di pasar HDD global pada kuartal pertama (Januari-Maret) 2010 karena WD mampu menjual lebih banyak unit HDD daripada Seagate.

Berdasarkan data iSuppli, WD mampu menjual global 51,1 juta unit HDD pada kuartal pertama 2010,alias naik 3,2 persen dari 49,5 juta unit pada kuartal keempat (Oktober-Desember) 2009. iSuppli menjelaskan, Seagate sesungguhnya juga mampu meraih pertumbuhan positif pada kuartal pertama 2010.

Namun, iSuppli menegaskan, Seagate tidak mampu meraih pertumbuhan setinggi WD. iSuppli memaparkan,volume penjualan HDD Seagate pada kuartal pertama 2010 hanya mencapai 50,3 juta unit,alias hanya naik 0,8 persen dari 49,9 juta unit pada kuartal keempat 2009.

Tanda-tanda pergeseran tampuk kepemimpinan di industri HDD global sesungguhnya sudah tercium dari laporan kuartal fiskal ketiga Segate yang berakhir pada 31 Mei 2010.Pada periode tersebut, Seagate mengaku berhasil menjual global 50,3 juta unit HDD dan menuai pendapatan USD3,05 miliar. Seagate mengungkapkan, kinerja tersebut sesuai dengan perkiraan dan Seagate pun cukup puas.

Saat Seagate merasa di atas angin dengan kinerja fiskal kuartal ketiga 2010, WD ternyata mampu meraih kinerja penjualan lebih tinggi.Pada periode tersebut, WD mengaku berhasil menjual global 51,1 juta unit HDD dan menuai pendapatan USD2,6 miliar. Suppli mencatat, Seagate masih mendominasi pasar HDD global pada kuartal keempat 2009, dengan pangsa pasar global sekitar 31 persen. Pada periode tersebut, Seagate mampu menjual global sekitar 49,9 juta unit HDD.Pada sisi pendapatan, Seagate mampu menuai USD3,03 miliar. Alhasil, Seagate pun menguasai pangsa pendapatan HDD global sebesar 34 persen. Pada saat itu, Seagate mampu meraih pertumbuhan volume penjualan HDD global sebesar 8 persen per kuartal. 

0

0 komentar:

Posting Komentar