"WE Care About The Environment as Much as We Care About YOU"

Penyebab Ban Motor Habis/Aus tidak merata

Share it Please




Pada sepeda motor fungsi ban sangat penting karena dengan ban, motor jadi bisa jalan. Kualitas ban juga begitu pentingnya, kompon yang baik tentu akan lebih lengket ke aspal.
Selanjutnya, jika ban itu habis tidak pas ditengah-tengah ban, atau condong habis ke kiri atau habis ke kanan saja sedangkan dipakai dalam kondisi yang masih mantap, kira-kira apa sebabnya?
Faktor ban habis sebelah sebenarnya sangat banyak, tetapi yang pasti dan umumnya adalah segitiga bagian depan, sasis atau swing arm lebih mengambil peran penting dalam kerusakan ban sebelah ini. Karena jika diteliti ulang, rupanya kondisi lainnya masih bisa diimbangi oleh bagian yang lainnya juga.

Bisa jadi pelek motor sudak tidak balance. Jika motor menggunakan pelek jari-jari (spoke), sebaiknya distel ulang. Bila Anda tidak mahir menyetel ulang pelek, bawalah ke ahlinya (tukang pelek) untuk disetel ulang. Kalau motor Anda memakai pelek racing (cast wheel) sebaiknya dipress kembali biar balance. Namun bila sudah didapati keretakan atau tidak memungkinkan disetel ulang, sebaiknya ganti pelek racing dengan yang baru demi keselamatan Anda.

Kemungkinan lain ban habis tidak merata, pemicunya adalah laher yang sudah oblak. Karena itu cek dengan teliti lahernya. Bila motor menggunakan dua sokbreker, cek sokbreker kiri kanan. Bisa jadi volume olinya tidak sama, atau posisinya miring sebelah.


Penyebab lain, kemungkinan terjadi karena pemasangan ban belakang dan ban depan tidak lurus. Untuk itu sebaiknya dicek lagi, namun jangan berpatokan pada strip, tapi patokannya pada kelurusan ban. Satu lagi, coba cek bushing swing arm. Bila sudah oblak segera ganti karena hal ini juga dapat mengakibatkan ban habis tidak merata.


Bisa juga cara duduk Anda di motor. Duduk yang tidak memusat, atau duduk yang agak miring sebelah bisa jadi menjadi penyebabnya. Pasalnya, bila posisi duduk agak ke kiri atau ke kanan, tumpuan beban menjadi berat sebelah. Hal ini dapat pula terjadi bilamana pembonceng seringkali duduk terlalu ke kiri atau kanan.

Segitiga
Mungkin saja segitiga yang sudah tidak lurus menjadi penyebab habisnya ban separuh ini, tentu saja jika itu segitiga, yang habis sebelah adalah kondisi untuk ban depan. Cukup press segitiga ke bengkel bubut atau beli segitiga baru.
 
Swing Arm
Masalah swing arm bisa saja terjadi tetapi khusus untuk bagian ban belakang saja. Jika habis lebih ke kanan ban maka swing arm / lengan ayun lebih rendah as-nya yang di sebelah kanan beberapa millimeter atau bahkan beberapa centimeter. Begitu sebaliknya jika yang lebih dominan habis atau ban habisnya agak miring ke kiri, berarti as lengan ayun yang sebelah kanan miring agak lebih tinggi dari as lengan ayun yang sebelah kiri beberapa centimeter.
 
Sasis
Sasis adalah kemungkinan paling buruk, jika memang terlihat ban depan dan ban belakang kondisinya miring dan lengan ayun / segitiga dalam keadaan baik, terpaksa harus press sasis motor Anda.
 
Shock motor atau oli shock motor habis sebelah
Pernah terjadi pada motor teman, shock mati sebelah karena mengalami kebocoran tetapi saya perhatikan ban pada motornya tidak habis sebelah padahal shock depan motornya tidak diservis olehnya dan oli shock kosong sebelah. Tetapi jika memang shock dirasa sudah tidak enak dan belum di ganti oli atau per-nya boleh coba mengganti oli shock motor.
 
Laher
Kemungkinan laher sudah oblak dan goyang-goyang juga bisa menjadi penyebab ban botak sebelah, tetapi pada teorinya jika laher oblak, motor akan sulit berjalan dan kemiringan yang terjadi pada ban masih mampu diredam oleh shock motor, dan inilah yang menjadi penyebab motor terasa banting kiri dan banting kanan.
 
Ban jelek atau kurang berkualitas
Jika semua dirasa bagus dan masih mantap, maka kita bisa menyalahkan ban yang digunakan, mungkin sudah kadaluarsa dari masa pembuatannya. Maksimal usia pakai ban adalah 3 tahun, setelah itu maka ban akan menjadi sangat keras dan berbahaya jika digunakan.
 
Setel Velg jika memang diperlukan
Setel Velg sangat bermanfaat untuk perawatan velg motor, jika sering melewati jalan rusak, biasanya ciri-ciri velg yang sudah tidak balance adalah bergoyang dengan irama teratur pada saat jalan pelan.
Baca Juga TIPS Pemilihan Ban Motor 
16

16 komentar:

  1. setelah baca penjelasan, karena vario iss 2015 motor termasuk baru setaon jadi kemungkinan diatas jarang terjadi tapi kenyataannya ban depan belakang bergelombang tapi kembangan masih seperti baru, sehingga pake dijalan rata motor goyang bisa jadi penjelasan terakhir ban yang dipasang kedaluarsa meskipun tampak fisik kembangan bagus nyatanya setelah dipompa dan dipake dijalan rata motor goyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, ban bergelombang karena kesalahan saat produksi, adanya udara di dlm lapisan ban saat pembuatan ban, sehingga pada saat ban panas saat jalan diaspal udara jadi mengembang, itulah yang menyebabkan ban benjol2.

      Hapus
  2. saya juga punya motor matic baru jalan 7000 km ban saya pegang juga sudah bergelombang walau pun blm sangat kelihatan. Sepanjang sy survey rekan , teman, saudara hasil juga sama. Dengan catatan tekanan angin NORMAL. Mohon pencerahan..... bagi yang tahu betul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, ban bergelombang karena kesalahan saat produksi, adanya udara di dlm lapisan ban saat pembuatan ban, sehingga pada saat ban panas saat jalan diaspal udara jadi mengembang, itulah yang menyebabkan ban benjol2.

      Hapus
    2. Kalau menurut saya, ban bergelombang karena kesalahan saat produksi, adanya udara di dlm lapisan ban saat pembuatan ban, sehingga pada saat ban panas saat jalan diaspal udara jadi mengembang, itulah yang menyebabkan ban benjol2.

      Hapus
  3. Ban depan motor mio j saya tebal sebelah hahah alias yang sebelah botak sebelah masih tebel setelah di cek ternyata shockbreaker depan panjang sebelah :v

    BalasHapus
  4. Saya punya motor vario 150 baru ..
    Ban depan habis /aus sebalah kanan, saya pikir kualitas ban bawan yang kurang bagus.
    Saya coba ganti ban dengan yang baru, setela saya paki perjalanan jau selama 1 sampai 2 bulan masalah yang sama juga saya alami. ( ban tetap habis/aus sebalah).

    BalasHapus
  5. Punya saya juga sama botak sebelah kanan ban depan nya.

    BalasHapus
  6. Hampir semua orang ngeluhin hal yg sama yaitu ban habis bergelombang dan apa penyebabnya gk ada yg tau ..soalnya motor baru jg ky gtu keluhanya..mkn hanya pihak pembuat ban yg bisa ngejelasin itu semua.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sy juga motor vario baru ban nyala ketika aus bergelombang padahal masih tebel

      Hapus
  7. Pagi gan, ane udah servis shok depan awal memang shok dpn kanan bocor dan ban dpn kanan masih tebal, sementara kiri udah aus,gua udah servis oli shok dan ganti shel, udah sebulan lebih sekarang pada saat jalan kena lobang ada suara keletak pada bagian stang minta petunjuk gan,

    BalasHapus
  8. Sy puya motor supra x 125 thn 2010,ban belakang saya habisny kanan kiri tengahny utuh. Mohon masukanny.

    BalasHapus
  9. motor saya megapro 2009 ni ban belakang dan ban depan habis sebelah kanan. itu knp ya?
    mksh

    BalasHapus
  10. Bandar capsa susun Online Terpercaya ya di LigaPoker
    #ligapoker #lgpkr #180.215.12.116 #lpkiukiu #ligapkr #taingqq
    link : http://180.215.12.116

    BalasHapus
  11. Saya punya motor nmax Thun 2018..setelah berjalan sejauh 16000 km kondisi ban belakang udah botak sebelah kanan..ban depan juga sama...padahal belum genap setahun....mohon penjelasan bagi yg memahami.

    BalasHapus