"WE Care About The Environment as Much as We Care About YOU"

Membangun HTPC berkemampuan Gaming

Share it Please
 
Trend PC Desktop saat ini memang sudah tak seramai dahulu. Meskipun teknologi yang hadir tetap selalu inovatif dan up to date. Ditambah lagi trend teknologi yang mengarah ke low power comsumption, HTPC sepertinya akan terus mendapat perhatian. Nah kali ini, Kita akan coba membuat sebuah opsi HTPC yang bukan sekedar didedikasikan untuk menjadi teman anda menikmati film-film favorit anda di Layar besar, tapi juga mumpuni untuk dijadikan mesin gaming berkualitas.

MotherBoard

Motherboard ukuran mini-ITX adalah wajib untuk membangun sebuah HTPC. Pertimbangan utama jelas pemangkasan konsumsi daya yang lebih rendah dibanding motherboard ukuran micro-ATX. Namun dalam opsi kali ini, mengingat VGA yang akan kita gunakan merupakan kelas mainstream yang membutuhkan space sedikit lega, otomatis casing yang kita sarankan juga casing ITX yang memiliki ruang lega pula. Efeknya, casing ukuran ini biasanya juga mendukung motherboard ukuran Micro-ATX.

Prosessor / CPU



HTPC identik dengan single tasking. Untuk itu kami merekomendasikan cukup Intel Core i3 atau AMD A6 sebagai otak utama nya. Karna Budget yang ada akan banyak kita alokasikan untuk video card.

 Memory / RAM

Resource memory yang tersedot saat kegiatan multimedia ataupun Gaming hampir serupa. Sama halnya dengan CPU, ketika lebih ke arah single Tasking, memori yang dibutuhkan tak perlu kapasitas yang ekstra besar. 8GB sudah lebih dari cukup.

Video Card 
AMD HD 7770 mengkonsumsi daya sekitar 70 hingga 80 watt saat full load, ini sangat mendukung bagi anda yang ingin membangun HTPC ukuran menengah. Mengingat power suply pada casing HTPC paling maksimal berkisar antara 180 hingga 250W, untuk itu penggunaan vga yang mengkonsumsi daya lebih dari 75watt sangat tidak di sarankan.

 
 Di kelas Menengah, HD 7770 cukup layak diperhitungkan. Dengan range harga berkisar 1,3 juta hingga 1,6 juta. AMD HD 7770 banyak diminati para entry level gamers, terutama yang mengharapkan harga AMD HD6850 turun ke kisaran under 1,5 jutaan. Maklum, di kubu AMD, HD 6850 terkenal tangguh  melahap semua game bahkan versi-versi terbaru. Di sisi spesifikasi, HD 7770 hanya menang dalam hal konsumsi daya. Sudah pasti, karena HD 7770 hanya di buat dari 640 buah SPU (Stream Processing Unit). Sedang HD 6850 di bentuk dari 960 SPU.

 


Untuk jenis output, HD 7770 rata-rata sudah membekal jenis koneksi terkini seperti Display Port dan HDMI. Jadi tidak akan bermasalah saat memadukan dengan LCD monitor anda.

PC Case
Ini yang paling penting. Pemilihan casing untuk solusi HTPC yang capable untuk gaming wajib memfokuskan pada dimensi layout dalam. Dalam artikel ini, yang kita jadikan patokan adalah dimensi VGA HD 7770. FYI, rata-rata HD 7770 memiliki dimensi panjang 22cm dan tinggi 10cm. Thermaltake DH101 yang kami sarankan ini memiliki dimensi panjang 42,6cm dan tinggi 15,3cm. Cukup untuk menampung hardware yang akan kita rakit termasuk HD 7770.



Power Suply (PSU)
Dengan PC Case yang mampu menampung PSU ukuran standar (ATX II), kita tak perlu report mencari PSU khusus ITX yang masih jarang di Indonesia. Namun perlu diingat, pemakaian hardware khususnya VGA yang menyedot daya hingga 80W, minimal PSU yang wajib kita pasang adalah 250W Pure. Atau untuk amannya, silakan pilih PSU dengan power 400W. Yang tak kalah penting, PSU wajib membekal sertifikasi 80+.


I / O Controller
Wireless adalah wajib untuk peripheral pengontrol HTPC. Sebab, tidak mungkin alat pengontrol kita menghalangi orang yang lalu lalang di depan televisi atau layar LCD. Pun begitu ketika bermain games, Xbox wireless controller bisa anda pertimbangkan.

OK, HTPC dengan kemampuan ekstra anda sudah siap. Multimedia atau Gaming, bisa berjalan beriringan
SEMOGA Bermanfaat
0

0 komentar:

Posting Komentar