"WE Care About The Environment as Much as We Care About YOU"

Teknologi HAMR dari Seagate Akan Capai Hard Disk 60 TB

Share it Please
Seagate memperkenalkan kehadiran teknologi penyimpanan Heat Assisted Magnetic Recording (HAMR). HAMR adalah teknik penulisan data secara magnetis dimana media penyimpanannya dipanaskan dengan bantuan sinar laser terlebih dahulu. Dengan teknik ini, kerapatan hard disk meningkat hingga 1 TB per inci. Untuk diketahui, kapasitas hard disk paling besar saat ini yang banyak beredar di pasaran baru mencapai 3 TB. Seagate akan menggunakan teknologi terbaru HAMR untuk melipatgandakan kapasitas hard disk produksinya hingga 60 TB (19/3).

Pada umumnya, produsen hard disk meningkatkan densitas dan kapasitas dengan cara menyempitkan piringan bit data, sehingga mampu menampung lebih banyak bit pada setiap inci persegi (square inch) dari ukuran piringan. Dengan menekan jumlah track data, maka akan lebih banyak bit data yang dapat ditampung. Tantangannya adalah, produsen diharapkan mampu menyempitkan bit dan track data tanpa mempengaruhi efek daya magnet, yang akan memutarbalikkan data.

Menurut Seagate, teknologi HAMR mampu memadatkan bit linear sekitar 2 juta bit per inci persegi. Ini artinya kepadatan data bisa ditingkatkan hingga lebih dari 1 triliun bit, atau 1 TB per inci perseginya. Kapasitas tersebut 55 persen lebih tinggi dari densitas hard disk saat ini, yaitu 620 gigabit per inci persegi.

Seagate mengungkapkan, generasi pertama hard disk desktop 3,5 inci perusahaan yang diproduksi dengan teknologi HAMR akan menawarkan kapasitas 6 TB. Sedangkan untuk hard disk notebook (2,5 inci), Seagate akan menawarkan kapasitas 2 TB. Di masa mendatang, dengan teknologi ini pula Seagate menjanjikan hard disk dengan densitas antara 5 hingga 10 TB per inci persegi. Itu artinya Seagate mampu memproduksi hard disk desktop kapasitas 30 hingga 60 TB dan dan hard disk notebook kapasitas 10 hingga 20 TB.

Sumber dari Chip
0

0 komentar:

Posting Komentar